MONITORING & TRACKING

WORKING SYSTEM

Layanan satellite marine tracking yang menggunakan perangkat Satellite GPS Tracker dengan kemampuan memberikan data posisi secara periodik dan real time yang beroperasi menggunakan satellite Global Leo - Globalstar. Data posisi dari kapal yang terdaftar dalam kelompok (group) pelanggan Vessel Tracking System dapat dilihat melalui Web VESSELPRO. Perangkat ini juga sangat handal dalam melakukan monitoring pergerakan kapal dengan desain monitoring web based serta aplikasi yang sempurna sehingga banyak memberi nilai tambah dalam memantau pergerakan kapal.


Sistem kerja

Sistem kerja GPS tracking satellite data sebagai berikut :
  • Tracking Device yang terpasang pada aset menerima serta sinyal GPS tersinkronisasi dari beberapa satelit GPS
  • Berdasarkan sinyal-sinyal tersebut, Tracking Device mengkalkulasi posisinya
  • Tracking Device mengirim data posisi status pada setiap interval waktu tertentu secara online ke satellite communication
  • Base station satellite di darat menerima data tersebut
  • Tracking Server menerima data posisi yang dikirim oleh Tracking Device melalui rangkaian Communication Gateway
  • Setiap data posisi yang diterima dari Tracking Device direkam ke dalam database oleh Tracking Server
  • Setelah itu Tracking Server akan mengirim data posisi aset dan data lainnya yang diterimanya ke semua user media
  • Tracking & Monitoring yang sedang aktif melalui jaringan TCP/IP
  • Tracking & Monitoring Software akan menampilkan data tersebut pada peta monitoring baik secara web based, mobile application maupun data API untuk integrasi antar server.

Secara standar data yang dikirimkan dari tracking module satellite ke server adalah : Waktu - Kecepatan - Arah - Titik kordinat - Mileage (Odometer).

BUKA

 

Namun dengan pengembangan sistem kami maka dapat dipadukan data dengan presisi dan sistematis sebagai berikut :

APPLICATION FEATURES

  • VESSEL LOCATOR, modul yang mempunyai kemampuan untuk melihat koordinat posisi kapal (longitude-latitude), heading (arah kapal), kecepatan laju kapal, satellite time stamp, nama kapal, dan ID kapal.
  • MAP REFERENCE, aplikasi yang memudahkan dalam melihat posisi kapal dalam sisi Map. Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa map dalam Sat-Track adalah map yang aktif, sehingga jika dilakukan pembesaran maka dengan Map Reference ini pengguna dapat tahu dengan persis dimana lokasi pembesaran tersebut.
  • TAIL TREKKER dalam modul ini setiap informasi yang dikirimkan oleh satelit akan di rekam (record) dalam satu titik informasi dalam Map. Setiap titik pergerakan kapal tersebut, jika mengadakan perjalanan dalam periode tertentu akan membentuk sebuah pola. Dan setiap titik dalam pola tersebut, jika kita arahkan pointer (mouse) ke arah titik tersebut, maka titik tersebut akan mengeluarkan informasi.
  • KOORDINAT VIEW, modul ini sangat membantu dengan cepat dalam pembacaan peta dalam suatu area (kawasan) sehingga jika modul ini akan diaktifkan, segera timbul koordinat peta dalam layar. Jenis kordinat ini sudah mengadopsi satuan Degree-Minute-Second (DMS)
  • STATISTIK, fungsi dari aplikasi ini adalah mencatatkan setiap pergerakan/aktifitas kapal dalam periode tertentu. Dalam aplikasi ini data data yang disimpan/record adalah : jarak tempuh kapal dalam satu hari (Nm), kecepatan rata-rata kapal dalam satu hari hingga satu bulan (Knot / Nmph), kordinat beserta lokasi keberadaan, kekuatan signal GPS dalam suatu daerah.dll.
  • REPORTING SYSTEM, modul yang dikembangkan Teknologi kami untuk memudahkan sistem pelaporan historikal kapal. Data historis dapat tersimpan dan didownload sewaktu-waktu dari server hingga 90 hari lamanya dengan pilihan format XLS-CSV-KML.
  • GOOGLE EARTH VIEW, saat ini aplikasi map yang sangat populer adalah Google Maps. Hampir setiap pengguna internet memasang aplikasi ini. Sistem Vesselpro sudah dapat mengintegrasikan antara default map dan google map API, sehingga memudahkan pengguna (user) membaca dan membandingkan map secara visual
  • ZONING. Pemetaan sebuah wilayah secara virtual dengan batasan-batasan wilayah yang telah ditentukan, sistem ini mempermudah mengenali apakah kapal berada dalam area yang seharusnya atau tidak. Sistem ini juga disebut Geofence
  • LANDMARKS atau POI support. Memudahkan konsumen dalam memberikan tanda pada lokasi-lokasi yang dianggap penting seperti port, tempat bongkar-muat dsb. Tanda ini akan muncul pada layar peta dan keterangan nama POI akan muncul pula pada report.
  • WEATHER INFORMATION. Mengetahui kondisi cuaca pada titik lokasi keberadaan kapal, hal ini mempermudah pemilik kapal mengetahui cuaca sekaligus kondisi alam perjalanan kapal. Sumber informasi cuaca ini didapat atas integrasi dengan worldweatheronline.com
  • MEASURE DISTANCE. Pola mengukur jarak secara manual diatas peta dengan satuan nautical miles sehingga mempermudah pemilik mengetahui jarak yang akan ditempuh kapal sebelum melakukan perjalanan nantinya. E.T.A dengan ditambahkannya estimasi kecepatan rata-rata maka pada kalkulasi sistem akan didapati hasil estimasi berapa lama waktu yang diperlukan untuk perjalanan dengan hasil jarak tersebut.
  • USER SETTING. User akun tambahan (child/group/mirroring) yang dapat direquest sesuai kebutuhan konsumen, hal ini dapat mempermudah konsumen dalam memanagemen kontroling aset bersama pengguna lain dengan level yang dapat dibedakan.

  • ADDITIONAL FEATURES
  • EMAIL REPORT*.Jika dibutuhkan selain dapat download secara manual pada laman histori konsumen juga mendapatkan email report data histori harian otomatis secara periodik.
  • ALERTING* Adalah sebuah fitur tambahan yang berfungsi sebagai pemberitahuan kondisi tertentu secara instan (tidak mengikuti setingan interval ping data) seperti pada fitur SOS / pemberitahuan kondisi darurat. Selain muncul dalam aplikasi juga adanya pemberitahuan secara langsung ke alamat email atau aplikasi telegram konsumen.

Contoh Notifikasi

Notifkasi darurat / SOS

MONITORING

VIA WEB BROWSER

VIA MOBILE APP

VIDEO DEMO

Halaman terkait

HOW IT WORKS
Setiap kendaraan pelanggan dipasang sebuah alat pelacak GPS. Alat tersebut akan secara otomatis mengirim data posisi ke Tracking Server di data center dengan menggunakan jaringan selular GSM/GPRS/Satelit. Untuk memantau posisi kendaraan, pelanggan hanya perlu mengunjungi situs app1.muliatrack.com dengan PC, laptop atau ponsel.

EXECUTIVE SUMMARY
Dengan sistem Automatic Vehicle Location diharapkan setiap unit kendaraan dapat beroperasi secara optimal dan efisien, serta memberi kontibusi maksimal terhadap kinerja perusahaan. Kami mengajukan suatu solusi yang dapat membantu perusahaan melakukan pengawasan dan pengaturan kerja armada kendaraan secara otomatis dan real-time. Solusi tersebut adalah Vehicle Automatic Fleet Management System versi Enterprise.


Cara kerja sistem

Cara kerja sistem ini adalah sebagai berikut:
  1. Tracking Device menerima sinyal GPS dari beberapa satelit GPS
  2. Berdasarkan sinyal-sinyal tersebut, Tracking Device menghitung posisinya
  3. Tracking Device mengirim data posisinya tersebut secara online ke Communication Gateway melalui jaringan GSM
  4. Tracking Server menerima data posisi yang dikirim oleh Tracking Device melalui Communication Gateway
  5. Setiap data posisi yang diterima dari Tracking Device direkam ke dalam database olehTracking Server
  6. Setelah itu Tracking Server akan mengirim notifikasi dan data posisi kendaraan yang diterimanya ke semua Tracking & Monitoring Software yang sedang aktif melalui jaringan TCP/IP
  7. Tracking & Monitoring Software akan menampilkan data tersebut pada peta mo nitoring.
  8. Tracking Device juga dapat merekam semua data posisi dan status pada setiap interval waktu tertentu ke On-board Flash Memory (RAM). Data tersebut kemudian dapat dibaca dan di-upload ke database server.
  9. Suatu kantor cabang yang perlu memonitor kendaraannya dapat dilengkapi dengan Local Server (opsional). Local Server ini berfungsi menjadi gateway bagi user di cabang tersebut sekaligus juga berfungsi untuk mengambil data posisi kendaraan dan sinkronisasi data lainnya dari Tracking Server melalui jaringan Internet.
Trackpro Enterprise Tracking Software Suite adalah suatu sistem canggih yang menggabungkan Google map API, Aplikasi Web dan DBMS untuk menyajikan sejumlah fitur-fitur seperti tracking secara real-time dan masa lampau diatas peta digital, signal darurat, jarak tempuh (odometer), laporan manajemen, dan masih banyak lagi. Untuk dapat mengakses sistem tracking ini konsumen dapat membuka dari berbagai macam media seperti PC, Laptop, tablet PC (android-IOS), Smartphone dan sebagainya.

MONITORING

VIA WEB BROWSER

Tracking & Monitoring
trackpro

REPORTING


Playback


Activity report Mileage report
Journey report Monthly engine report
Speed chart Daily max speed

VIA MOBILE APP

VIDEO DEMO


Secara standar alat GPS kami akan merecord dan mengirimkan data dari alat GPS tracker ke server adalah sebagai berikut :

Waktu - Lokasi - Status mesin - Kecepatan - Odometer - Arah - Sensor input*

Data tersebut akan tampil pada panel instrumen informasi pada monitoring dan laporan historikal aktivitas yang dapat didownload sewaktu-waktu, dari data-data tersebut dengan system web aplikasi kami olah kembali dengan hasil yang presisi di dalam layar monitor sekaligus dan laporan yang juga dapat didownload sewaktu-waktu
Dalam hal report (laporan aktivitas), system trackpro dapat juga di export ke dalam betuk file Excel, CSV, PDF dan berupa file siap print.